Jenis - Jenis UNIX Shell & Pengertiannya

Shell merupakan program atau penerjemah perintah yg bertindak sebagai interface antar USER dgn Sistem Operasi yg mana kernel yg menjadi dari Sistem Operasi.

Pada umumnya Shell menyediakan Prompt sebagai User interface, yaitu, tempat utk mengetikkan perintah-perintah yg digunakan User, baik berupa perintah Internal Shell (Internal Command), ataupun perintah eksekusi suatu file program (Eksternal Command).

Selain itu, shell dapat digunakan oleh User utk menyusun sekumpulan perintah pada sebuah file atau beberapa file utk di eksekusi sebagai suatu program.

Shell ini tidak seperti pada sistem operasi lain yg menyediakan satu atau dua Shell aja. 
Sistem operasi dari keluarga UNIX, misalnya Linux, sampai saat ini di lengkapi oleh berbagai jenis Shell dgn sekumpulan perintah yg sangat banyak, sehingga dapat memungkinkan User utk memilih Shell mana yg paling baik utk membantu menyelesaikan pekerjaannya.

Beberapa Shell di Linux :

  • Bourne Shell (SH)
  • C Shell (CSH)
  • Korn Shell (KSH)
  • Bourne Again Shell (BASH)
  • Almquist Shell (ASH)
  • BusyBox Shell
  • Debian Almquist (DASH)
  • Exensible Shell (ES)
  • Friendly Interative Shell (FISH)
  • Stand Alone Shell (SASH)
  • Z Shell (ZSH)
  • Hartto Shell (HUSH)
  • Karel's Interactive Simple Shell / Karel's Inceredibly Stupid Shell (KISS).
Pengertian

Bourne Shell (sh)

Diciptakan oleh Bourne, merupakan shell UNIX yg pertama dan tercepat pada semua Sistem UNIX Bourne Shell memiliki bahasa pemograman Shell yg baik tetapi kurang nyaman dalam hal Interaktivitas.

C Shell (csh)

Diciptakan oleh Bill Joy, bahasa pemograman Shell ini lebih sulit digunakan oleh pemula karena memiliki Syntax mirip bahasa C, dan oleh karena itulah shell ini dinamakan C Shell.
Kelebihan Shell ini memiliki kemampuan interaktivitas yg lebih Complatition utk dapat melengkapi perintah yg belum lengkap dapat dilakukan dgn menekan tombol Tab.

Korn Shell (ksh)

Diciptakan oleh Dave Korn, Shell ini diciptakan dengan mengabungkan kelebihan Bourne Shell dan C Shell sehingga shell ini memiliki Interaktivitas yg baik dan juga gaya pemograman shell yg mudah.

Buorne Again Shell (bash)

Shell ini dikembangkan oleh Steven Bourne (Pencipta SH) di mana shell ini adalah pengembangan Bourne Shell (sh) yg sudah di lengkapi dengan berbagai kelebihan yg tidak terdapat pada versi sebelumnya.
Shell ini juga di lengkapi dengan kelebihan pada C shell dan juga Korn Shell. Bash juga memiliki bahasa pemograman yang baik serta interaktivitas yang mudah di pahami. Bash adalah jenis Shell yg paling banyak di gunakan pada saat ini.

Almquist  Shell (ash)

Shell ini di kembangkan oleh Kenneth Almquist.
Shell ini kecil, cepat dan kompatibel dengan standard posix. Ash banyak digunakan dalam embedded linux, embedded adalah sistem yang tertanam misalnya BIOS komputer.

BusyBox

Shell yg satu ini memiliki ukuran yg kecil dan banyak ditemukan dalam sistem linux Embedded, Installer, distribusi floppy atau kondisi yg membutuhkan kesederhanaan dan ukuran yg sangat kecil, Shell ini menyediakan fungsionalitas banyak untiliti sistem dalam satu Binary yg di link ke binari BusyBox.

Dabian Almquist Shell (dash)

Turunan ASH, yg di turunkan ke Linux, dari Ash versi NET-BSD, oleh Harbet xu pada tahun 1997, Shell ini merupakan versi moderen dari Shell Ash pada distro Debian.

Exensible Shell (es)

Shell yg di turunkan dari shell rc pada plang (distributed sistem operasi yg di kembangkan oleh Bell Labs). Di linux, es tergolong shell yg sangat langka, dan jarang di gunakan.

Friendly Interative Shell (fish)

Shell yg cukup populer di linux dan tergolong aktif di kembangkan, fokus utama fish adalah kemudahan pengunaan. Fish tergolong sangat lengkap kaya fitur dan cukup menarik.

Stand Alone Shell (sash)

Shell UNIX yg menyediakan berbagai fungsionalitas utility sistem, di link secara statik, dengan fitur tersebut, sash umum di temukan sistem minim Resource, instaler, atau pada rescue sistem.

Z Shell (zsh) 

ZSH juga termasuk Shell populer di linux, banyak penguna linux mmemamfaatkan kemampuan Scripting-nya utk membangun script yg kompleks.

Hartto Shell (hush)

Shell ini adalah tugas yg sangat sederhana di buat sangat rumit dan di selesaikan dengan perintah yg panjang.

Karel's Interactive Simple shell / Karel's Inceredibly Stupid Shell (kiss)

Shell dengan fungsionalitas berbagai utiliti penting sistem yaitu digunakan readline, gkiss digunakan getline, bkiss tanpa fitur editing.



2 comments:

Katakan Unek-unek mu

Popular Posts