Mengenal Lisensi Creative Commons (CC) & Kegunaannya

Lisensi Creative Commons (CC) adalah suatu Lisensi Hak Cipta yang diterbitkan oleh Creative Commons (CC).
Creative Commons (CC) itu sendiri adalah suatu perusahaan nirlaba/nonprofit yg bermarkas di Amerika Serikat.

Perusahaan yg didirikan tahun 2001 ini memberikan setiap orang, dari pencipta individu sampai dengan perusahaan dan lembaga besar, cara sederhana standar untuk memberikan izin hak cipta atas ciptaan kreatif mereka.

Dengan menggunakan Lisensi dari Creative Commons (CC) ini, konten-konten yang dapat disalin, didistribusikan, diubah, dan dibuat ciptaan turunannya, semua itu dalam batas-batas hukum hak cipta si pembuat karya.

Tabel bawah ini adalah 4 kriteria Lisensi Creative Commons (CC) :

Logo Lisensi Service
Atribusi (A, “BY”) Mengizinkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya jika menyebutkan pembuat karya orisinal.
Nonkomersial (NK, “NC”) Mengizinkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya untuk tujuan nonkomersial.
TanpaTurunan (TKT, “ND”) Mengizinkan orang lain menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan hanya salinan sama persis (verbatim) suatu karya, bukan karya turunan yang berdasarkan karya tersebut.
BerbagiSerupa (BS, “SA”) Mengizinkan orang lain untuk mendistribusikan suatu karya turunan hanya di bawah suatu lisensi yang identik dengan lisensi yang diberikan pada karya aslinya.

Lisensi Creative Commons (CC) saat ini tersedia dalam 50 yurisdiksi yang berbeda di seluruh dunia, dan pengguna Lisensi nya pun lumayan banyak, bahkan perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Flickr, Public Library of Science, MIT OpenCourseWare, & juga Wikipedia pun juga menggunakan Lisensi Creative Commons (CC).

Tabel di bawah ini adalah 6 Sub Lisensi dari Creative Commons (CC) :

Logo Sub Lisensi Service
CC BY Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas. Direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi.
CC BY-SA Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi "copyleft" pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa.
CC BY-ND Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada Anda.
CC BY-NC Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.
CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.
CC BY-NC-ND Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Tidak ada persyaratan yg sulit untuk menggunakan Lisensi dari Creative Commons (CC), bisa menggunakan Alat Pemilih Lisensi Creative Commons (CC).

Situs wenxploit.com juga menggunakan Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa (CC BY-SA).

Jadi siapapun boleh/diizinkan utk mendistribusikan, menampilkan, atau membuat karya turunan dari karya/artikel di situs wenxploit.com asalkan menyebutkan sumbernya yaitu wenxploit.com

Sumber : www.creativecommons.org