Instagram Ads - Penjelasan & Cara Menggunakan


Instagram Ads


Promosi menjadi langkah yg sangat diandalkan untuk mengenalkan produk / barang ke audiens. Namun, promosi berbayar menggunakan iklan di Instagram beda dengan promosi di media lainnya , seperti surat kabar dan media elektronik. Maka dari itu, di zaman era digital seperti aekarang ini tidak ada salahnya mengenal dan mengetahui cara bermarketing melalui media sosial.


Sama seperti Facebook Ads, Instagram kini juga sudah menyediakan fitur promosi berbayar, yaitu fitur Instagram Ads


Mempromosikan bisnis dengan menggunakan fitur Instagram Ads, dengan pengguna Instagram yg semakin hari semakin meningkat, maka iklan akan jauh lebih tertarget dan lebih gampang menjaring calon pembeli.


Langkah - Langkah Membuat Instagram Ads 


1. Langkah awal utk menggunakan Instagram Ads yaitu, Log in terlebih dahulu ke akun Facebook >> Facebook Ads Manager.

2. Cari menu Kampanye di dalam fitur Facebook Ads Manager, lalu klik Buat Iklan. Ada 2 pilihan yg ditawarkan, yaitu yg pertama Pembuatan Iklan Terpadu, dan yg kedua jenis Pembuatan Iklan Cepat. (Alangkah baiknya memilih menu Pembuatan Iklan Terpadu, karna lebih spesifik).

3. Selanjutnya, pilih salah satu dari tujuan iklan yg disediakan oleh Facebook Ads Manager yg disediakan, yaitu :


Pertimbangan (Consideration) Pertimbangan terbagi ke dalam beberapa kategori seperti interaksi, trafik, penayangan video, pemasangan aplikasi, pesan, dan pembuatan prospek.

Konversi (Conversion) Konversi terbagi ke dalam beberapa kategori seperti kunjungan toko, penjualan katalog produk, dan konversi. 

Kesadaran terbagi ke dalam kesadaran merek, dan jangkauan.


Kemudian, pilih salah satu dari 3 kategori di atas. Contohnya seperti jenis tujuan iklan lalu lintas/trafik, untuk meningkatkan kunjungan ke blog atau website.


Selain itu, ada juga 2 jenis iklan lainnya yg bisa jadi pertimbangan, yaitu :


  • Pengoptimalan Anggaran Jenis ini cocok untuk yg ingin mengontrol anggaran iklan, anda bebas menentukan biaya iklan sesuai dengan budget. 
  • Uji Split Jenis iklan ini adalah jenis iklan 2 arah dengan 2 konten yg berbeda. Artinya, anda bisa membagi audiens ke dalam dua kelompok iklan yg berbeda agar bisa membandingkan konten mana yg paling efektif.


4. Selanjutnya, buat nama iklan. Tujuannya untuk mempermudah dalam mengecek iklan-iklan yg ditayangkan di Instagram Ads, kemudian sesuaikan dengan tujuan iklan utk traffic, dan tentukan iklan tersebut ingin dishare ke Website, Messenger, Aplikasi, atau Whatsapp


5. Fitur promo produk ditahap berikutnya tunjuannya untuk memberi tahu audiens bahwa ada penawaran menarik. 


6. Tentukan target audiens dengan menentukan target iklan, yaitu bisa ditargetkan sesuai lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa yg digunakan.


7. Tentukan dimana iklan tersebut akan ditempatkan, yaitu penempatan secara otomatis atau penempatan khusus. Untuk penempatan otomatis, iklan akan tayang di Instagram, Facebook, dan beberapa aplikasi lainnya.

Tapi jika yang ingin menempatkan iklannya hanya di Instagram saja, pilih penempatan khusus. 


8. Langkah selanjutnya, tentukan berapa lama iklan ingin ditatangkan. Tapi sebelum menayangkan iklan, akan diminta untuk mengaitkan atau menghubungkan Facebook dengan Instagram Instagram Bussiness


9. Selanjutnya, menentukan format utk iklan yg akan ditayangkan. Ada beberapa format yg bisa dipilih, berbentuk gambar tunggal, tayangan slide, koleksi, hingga video tunggal.

Setelah format ditentukan, tambahkan sedikit deskripsi.


10. Terakhir, pilih gambar, menulis judul, dan jangan lupa memasukkan tautan. Pilihlah gambar sesuai dengan jenis iklan yg akan ditayangkan, sebelum mellakukan pembayaran.

Sistem pembayaran iklan bisa melalui kartu kredit maupun kartu debit. Setelah menyelesaikan pembayaran iklan pun bisa langsung ditayangkan di Instagram.

0 comments:

Posting Komentar

Katakan Unek-unek mu

Popular Posts