UPDATE! Google BERT, Algoritma Terbaru Google 2019

Algoritma? Apa itu?

"Defenisi dari Algoritma adalah suatu penentuan definitif untuk menghitung, memproses data dan pelaksanaan analisa otomatis"

Baru-baru ini tepatnya tanggal 24 Oktober 2019 kemarin, Google merilis Algoritma SEO terbaru nya, yg dimana utk kali ini Algoritma akan difokuskan pada konteks penafsiran maksud permintaan pencarian atau search queries agar lebih baik dari sebelumnya.

Google BERT adalah Algoritma Google yang tidak memberikan penalti terhadap website yang tidak sesuai dengan standar Google. Tujuan utama dariAlgoritma ini adalah agar lebih memahami permintaan pengguna dan maksud dari pencarian yang dilakukan oleh si pengguna. 

Google mengatakan bahwa dengan dirilisnya Algoritma BERT ini nantinya akan mempengaruhi total Queries di database Google, yang mana berarti update Algoritma ini adalah salah satu update terbesar Algoritma Google dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini.

Apa Pengaruhnya Google BERT ke Website?

Google BERT tidak memberikan penalti terhadap website yang tidak sesuai dengan standar Google, karna tujuan utama nya adalah agar lebih memahami permintaan pengguna dan maksud pencarian saja.

Saran dari saya agar website diterima oleh Google BERT ini adalah dengan menciptakan dan mempunyai konten-konten yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung secara tepat dan lengkap, maka dari itu buatlah konten yang baik dan berkualitas (jangan terlalu singkat).

Solusi Jika Traffic Menurun Akibat Google BERT

▪ Lakukan identifikasi kueri atau kata kunci (keyword) yang menyebabkan penurunan traffic website.

▪ Buka Search Console, jalankan Comparison Report, kemudian klik queries dan lihat table bagian Difference, ini akan menampilkan beberapa kueri yang perlu kalian update/perbarui.

▪ Alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan SEO Tools seperti AHREFS Traffic Change Report.

▪ Tentukan apa yang ada di peringkat pertama Google setelah update Algoritma BERT ini.

▪ Cari kueri di Google, dan lihat konten jenis apa yang sekarang berada di Top Rank.
Apakah tipe kontennya berbeda? Apakah menampilkan sudut pandang yang berbeda?
Atau apakah menjawab pertanyaan yang sedikit berbeda?
Kamu bisa menafsirkan nya sendiri.

▪ Ubah dan modifikasi konten.
Modifikasi konten dengan cara menyesuaikan konten yang kini berada di Top 10 SERP Google.
Google selalu menampilkan konten di SERP-nya sesuai dengan standar Algoritmanya. Jadi, tidak ada salahnya jika kalian sedikit mengubah Struktur Data konten sesuai dengan standar terbaru Algoritma Google BERT ini.

Semoga apa yg sudah saya jelaskan dari awal tadi bisa sedikit mengisi ruang wawasan atau mungkin juga mengatasi masalah yg berhubungan dengan hal ini.

Terima Kasih!