Mengenal Layanan & Produk dari Google

Siapa yg tidak kenal Google?

Google adalah sebuah mesin pencari terbesar dan terbaik pada saat ini. Google merupakan sebuah perusahaan besar amerika yang menyediakan produk dan jasa seputar internet.
Google didirikan pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 4 september 1998, Google didirikan oleh mahasiswa asal Universitas Stamford Amerika.

didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, mereka berdua saling bersahabat. mereka berdua mempunyai saham di perusahaan Google sebanyak 17%

Larry Page dan Sergey Brin membuat Google sebagai perusahaan swasta pada 1998, mereka berdua mempunyai misi yang sama yaitu mengumpulkan segala informasi untuk mesin pencari mereka agar dapat memudahkan setiap orang khususnya pengguna internet dalam mencari informasi.

Google sendiri memiliki begitu banyak nya layanan dan produk nya , beberapa contoh nya seperti :

1. Google Search


Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).
Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

2. Google Maps


Layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile, dan juga tersedia untuk komputer personal.

3. Google Earth


Layanan dari Google untuk melihat peta Bumi. Merupakan sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail.
Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National Geospatial-Intelligence Agency, sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan bahwa Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.

4. Gmail


Pada tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.

5. Google Drive


Google drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.

Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa diakses secara gratis adalah 5 GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak hanya dapat menyimpan file, google drive juga terhubung dengan fitur google lainnya seperti gmail, google search dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang dimiliki.

6. Google Bisnisku


Google bisnisku atau dikenal juga dengan sebutan Google MyBusiness adalah salah satu program promosi yang ditawarkan perusahan internet terbesar yang sudah sangat familiar kita kenal sekarang ini. Programnya ini semakin melangkapi beberapa produknya untuk berpromosi berbagai bisnis yang telah ditawarkan seperti google adwords, dan google adwords express yang belum lama ini juga di luncurkan.

Bedanya, Google bisnisku ini dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja para pemilik bisnis yang ingin bisnisnya semakin dikenal luas di lewat dunia maya. Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini internet menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk berpromosi, oleh karena penggunanya yang semakin bertambah.

Yang menjadi kelebihan lain untuk produknya ini selain bisa di manfaatkan secara cuma-cuma atau gratis, yakni dapat di manfaatkan oleh para pelaku usaha dari berbagai skala, baik kecil menengah hingga perusahaan besar selakali pun.

7. Google Home


Perkembangan teknologi ditahun sekarang semakin canggih, dimana orang ingin serba praktis dengan menggunakan teknologi terbaru. Banyak orang yang membayangkan dan menginginkan sebuah teknolgi seperti pada film Iron Man dimana Tony bisa berbicara dengan rumahnya sendiri dan meberi perintah seperti menyalakan lampu, menutup pintu dan masih banyak lagi dan sepertinya sekarang sudah terwujud dengan adanya Google Home.

Google Home sendiri adalah sebuah device atau gadget sebuah speaker tetapi google home bukan speaker biasa seperti pada umumnya, melainkan sebuah smart speaker yang terkoneksi dengan Google, Google Home sendiri bisa disebut sebagai asisten canggih dimana kita bisa memberi perintah seperti Tony difilm Iron man.
Fitur yang ditawarkan oleh google home sendiri yaitu bisa memberitahu schedule, menyalakan alarm, menyalakan lampu, play musik, menanyakan restoran terdekat asalkan kita mengkonekkan dengan google account kita dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh google home ini.

Agar bisa digunakan, pertamakali kita harus menginstal aplikasi google home pada smartphone kita dan akan dipandu seperti menginstal aplikasi biasa pada umumnya. Google Home sendiri akan bekerja dengan menggunakan internet, jadi kalau internet kita cepat maka respon dari google home akan memproses dengan cepat juga, dan kita tinggal berbicara “Ok Google”, “Hi Google”, dan “Ok Bubu” ke google home dan merequest apapun dengan bahasa inggris.

Jika kita bosan kita bisa bertanya ke google homenya dan dia akan memberikan cara atau solusi agar kita tidak bosan, kemudian membuat lelucon yang menurut kita leluconnya yang gak lucu, bertanya tentang matematika google home kayaknya akan selalu berhasil menjawabnya asalkan kita benar mengucapkan kata perkatanya. Google home sendiri bisa digunakan secara personal maupun digunakan oleh banyak user dalam satu ruangan atau kantor.

Ukuran dari Google Home sendiri tidak terlalu besar yaitu berukuran 5,26 inci untuk tingginya dan untuk lebarnya sendiri berukuran 3,79 inci. Kemudian memiliki berat 480 gram dan memiliki 4 LED pada bagian atasnya yang menunjukkan bahwa google home telah bekerja, selanjutnya pada bagian permukan atas mempunyai panel untuk di sentuh layaknya touchpad atau touchscreen dan bisa kita gunakan untuk memberhentikan maupun memulai musik yang sedang kita putar maupun mengatur volume suara musik. Google Home bergaya simple dan desain yang elegan dan tersedia dengan warna gray, mango, marine, carbon, snow, dan copper.

Google telah merilis Google Home pada bulan november 2016 di Amerika Serikat, kemudian di inggris pada April 2017, Australia, Kanada, Prancis, German, dan Jepang. Dan untuk harganya sendiri yaitu ada pada kisaran 2,5 jutaan .

8. Google Fit


Aplikasi Google Fit sendiri sebelumnya diperkenalkan oleh pihak Google kepada masyarakat luas melalui melalui konfrensi pengembangan Google I/O . Tunjuannya tentu saja agar para pengguna smartphone Android mendapatkan kehidupan yang baik dan mudah dalam berolah raga serta mendapatk kondisi fit untuk fisik mereka tanpa harus bersusah payah dan dengan harga yang bahkan gratis.

Sistem kerja Google Fit sendiri terhitung simpel. Google Fit hanya memanfaatkan sensor yang terdapat di hampir semua perangkat smartphone Android. Sensor yang sangat standar seperti Gyroscope dan sensor accelerometer di dukung secara penuh oleh Google Fit ini. Bahkan yang lebih mengejutkan, apabila kamu juga memiliki aksesoris canggih seperti Smartwatch, atau penjejak khusus olahraga seperti strava, withings, Rintastic, dan Runkepper, Google Fit akan mampu bekerjasama secara optimal dengan beberapa perangkat tadi.

Apabila tak memliki sensor yang terpisah, fit hanya akan menghitung langkah yang anda lakukan saat berjalan atau berlari melalui melalui sensor accelerometer atau gyrosccope. Nantinya, setiap langkah yang kamu ambil tersbut akan diekam oleh Fit dan di save kedalam akun Google kamu di Cloud. Jika kamu penasaran dan ingin memantau nya, maka kamu tinggal masuk ke fit.google.com

Google fit siap untuk menyajikan semua data statistik terkait aktifitas gerak tubuh yang pernah kamu lakukan dan kamu simpan menggunakan Google Fit. Bahkan yang lebih keren dari Google Fit ini, kamu bisa mengatur dan dan melakukan perogram penurunan berat badan kamu dengan sehat dan tepat. Jika kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan langsung di Google Playstore degan mengetika keyword: google fit

9. Google Adsense


Pengertian Adsense adalah merupakan sebuah program periklanan internet dengan sistem kerja sama yang dimiliki oleh raksasa internet Google. Program ini diperuntukan untuk pemilik Blog dan Vlog agar dapat menghasilkan uang dari Internet melalui Blog dan Vlog.

Penghasilan tersebut dihitung dari pembagian keuntungan untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung Blog dan Vlog yang biasanya dikenal dengan istilah PPC ( Pay Per Klik ). Selain itu Google Adsense juga menyediakan sistem iklan dengan konsep pencarian yang dikenal dengan AdSense for Search, Adsense untuk video ( Adsense for Video ) dan Adsense untuk perangkat seluler ( Adsense for Mobile )

Awalnya Google Adsense hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa di negara Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, sehingga hanya situs blog dan video yang menggunakan bahasa Inggris serta beberapa bahasa di negara Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur yang dapat menampilkan iklan Google Adsense. Akan tetapi seiring perkembangannya Google Adsense memperluas dukungan dengan menambah support bahasa yang kini mencapai 36 bahasa di seluruh dunia termasuk bahasa Indonesia.


Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense akan menyesuaikan dengan isi konten dari situs penayang, semisal situs sobat memuat konten mengenai teknologi internet, maka kebanyakan iklan yang muncul adalah mengenai web hosting, jual beli domain dan hal - hal yang berhubungan dengan internet.

Sistem pembayaran Google Adsense berdasarkan jumlah klik pada iklan yang muncul, biasanya nilai klik iklan dipengaruhi oleh jenis konten dan negara asal pengunjung situs sobat. Jadi semisal sobat mempunyai konten mengenai bisnis atau keuangan nilai klik iklan akan lebih besar dari pada konten yang memuat tutorial desain grafis, Pengunjung situs yang berasal dari negara maju seperti Inggris, Amerika dan Kanada akan mendatangkan nilai klik yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengunjung yang berasal dari Indonesia, Malaysia atau Singapura.

10. Google Adwords


Ketika berbicara soal Google Adsense, rasanya belum akan puas jika tidak menyinggung tentang salah satu produk andalan Google, yaitu AdWords. Di dalam Adsense, biasanya kita sebagai publisher akan digaji oleh Google sedangkan sebagai advertizer kita malah harus membayar ke Google sebagai ongkos pasang iklan di Adwords. Dan katanya, uang dari hasil pasang iklan tersebut lah yang dipakai oleh Google untuk membayar para publisher. Inilah yang disebut simbiosis mutualisme, dimana saling menguntungkan dan saling membutuhkan, tapi pada akhirnya perputaran uang juga hanya berada di sekitar lingkaran itu saja.

Jika Google AdWords diartikan sebagai iklan kata-kata dari Google sepertinya kurang enak untuk didengar. Namun, pada intinya Adwords dipakai oleh Google sebagai salah satu sumber pendapatan lewat program iklan mereka dengan mekanisme unik yang ditawarkan kepada para produsen agar mereka bisa memasarkan usaha/ bisnis atau produk/ jasa mereka melalui jaringan internet. Tentu dari penjelasan tersebut Anda akan lebih bisa memahami apa sebenarnya Google Adwords itu.

Mengenai tampilannya sendiri, bisa dilihat ketika kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman Google. Dan jika Anda melihat sebuah kotak kuning bertuliskan ‘Ad atau Ads’ di bawah suatu judul artikel, maka itulah salah satu desain dari iklan melalui Google. Kadang iklan ini bisa muncul di side bar, atas, dan bawah halaman google.

Google merupakan mesin pencari terbesar saat ini dan sudah tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari produk periklanan semacam Google AdWords. Keuntungan dalam memakai AdWords adalah produk/ jasa yang mau kita iklankan akan secara otomatis tampil di halaman pertama Google. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh, sebagai berikut:

1. Trafik akan lebih cepat naik dan tertarget
AdWords memakai perhitungan PPC (Pay per Click) untuk menghitung biaya iklan Anda dan dana beriklan Anda akan otomatis dikonversi ke pengunjung menurut harga kliknya. Contohnya, Anda beriklan dengan dana 50 ribu rupiah per hari dan tarif klik seribu rupiah per klik. Maka Anda akan memperoleh sekitar 50 klik per pengunjung yang dihitung dari 50 ribu dibagi seribu.

2. Mendapatkan pengunjung sesuai dengan yang ditarget bisnis Anda
AdWords akan menampilkan iklan kita menurut kata kunci yang dibidik. Contohnya, jika Anda memiliki usaha rental mobil dan Anda membidik target kata kunci ‘rental mobil murah di Jakarta’, maka visitor yang masuk ke situs Anda lewat AdWords adalah mereka yang melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik. Jadi iklan Anda nanti tidak akan dimunculkan di kata kunci yang tidak sesuai dengan yang telah Anda bidik, sehingga pengunjung pasti bisa tertarget sesuai bisnis Anda.

3. Reputasi website meningkat sesuai SEO
Optimasi SEO biasa dilakukan dengan menarget kata kunci tertentu, jadi jika Anda melakukannya maka tak perlu khawatir SEO Anda akan rusak ketika memasang iklan lewat AdWords. Justru beriklan di AdWords akan menguntungkan Anda karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimasi SEO tersebut nantinya akan diinput oleh Google.

4. Omset penjualan meningkat
Di dalam situs resmi Google, mereka memberikan pernyataan mengenai kenaikan omset. Intinya adalah AdWords memang tidak dapat menjamin omset suatu produk pasti akan meningkat, meski AdWords telah berhasil memperbesar omset penjualan sekitar 10 sampai dengan 50 persen dan bahkan sampai 90 persen, tapi Google tetap tak dapat menjamin omset pasti meningkat sebab hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya seperti target kata kunci, dana harian, bidang bisnis, dsb.

11. Google Analytics


Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan menggunakan Google Analytics kita dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang mengarah pada situs web kita.  Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/

Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

12. Google Admob


AdMob adalah platform advertising Google yang digunakan untuk memonetisasi aplikasi mobile. Dengan Google AdMob, developer bisa mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan in-app, memonetisasi aplikasi mereka dengan memperbolehkan in-app advertising, dan memberikan mereka insight melalui Google Analytics.

Nama AdMob sendiri merupakan kombinasi dari “Advertising” dan “Mobile”. Dengan AdMob, Anda bisa membuat iklan untuk berbagai platform mobile seperti Android, iOS, WebOS, dan Windows. AdMob adalah salah satu perusahaan mobile advertising terbesar di dunia yang melayani lebih dari 40 juta iklan mobile dalam rupa banner atau text yang dipasang di berbagai platform seperti website dan aplikasi mobile setiap bulannya.

Akun AdMob juga terhubung dengan akun AdWords agar bisa mendistribusikan ads untuk Android atau aplikasi gaming. Melalui menghubungkan AdMob ke AdWords, seseorang dapat membuat kampanye pemasangan aplikasi mobile. Kampanye khusus ini dilakukan agar lebih banyak orang mendownload aplikasi. Dengan AdWords, Anda bisa menggunakan keyword penargetan khusus, dan iklan berdasarkan pada ID aplikasi serta informasi lain-lain. Salah satu fitur unik dari platform mobile advertising adalah Mediasi AdMob yang memungkinkan pembuatan kampanye iklan internal, kampanye yang menayangkan iklan ke aplikasi dengan inventaris sendiri tanpa biaya.