"ClamAV" Antivirus untuk KALI Linux

Siapa bilang Sistem Operasi secanggih KALI Linux tidak ada virusnya?

Sistem Operasi yg populer karena kecanggihan nya seperti KALI Linux pun bisa terinfeksi virus, jadi jangan menganggap KALI Linux itu kebal dari virus, terus kita pun merasa KALI Linux yg kita pakai aman2 aja, itu belum tentu!!





Dgn adanya virus di KALI Linux, maka para pengembang menciptakan Tool Antivirus utk KALI Linux, Tool itu bernama ClamAV.


ClamAV yg awalnya dikembangkan utk sistem operasi UNIX, selain memindai virus berdasarkan baris perintah, juga memindai Email dan memiliki alat utk memperbarui basis data, serta fitur-fitur lainnya.

Installasinya pun sangat mudah, cuma menggunakan perintah

$ apt-get install clamav


Utk memeriksa Sintaks dan Opsi lain nya, gunakan perintah

$ man clamscan


Utk semua pilihannya, bisa gunakan perintah

$ clamscan --help

Saat mau scan virusnya, gunakan perintah

$ clamscan


Perhatikan gambar di bawah ini



Perhatikan file yg ditandai dengan "OK" , lihat garis merah bawahnya , adanya pemberitahuan "PHP -1 FOUND", juga "1infected file" yg artinya file tsb terinfeksi , tes ini menunjukkan bahwa kita dapat mengetahui ancaman, jadi ada baiknya menjalankannya setiap hari jadi dapat memeriksa file secara manual dan memastikan mana file yg aman atau membahayakan.




Sekarang Anda dapat menghapus file tsb secara manual, menggunakan perintah "rm" atau jalankan

$ clamscan -r --remove /direktori 

Sekarang mari kita Scan Direktori Downloads, karna kadang-kadang kita men-download sesuatu dari internet itu kita gak tau apa file itu aman atau tidak, jadi ada baiknya memeriksa setiap file yang kita Download.

$ clamscan -r /root/Downloads


Ok.. Saya kira cukup sampai disini aja tutorial dari saya , semoga sedikit thread itu bermanfaat.

INGAT..!!! Mungkin kita bisa berpikiran kalo Linux atau Mac yg kita pakai tidak terinfeksi virus, memang kebanyakan Malware lebih ditargetkan ke Windows , tapi 1 hal yg perlu diketahui yaitu, sistem keamanan tidak selalu maju secepat kerentanannya, jadi gak ada salahnya kita selalu utamakan keamanan , maka dari itu tunggu apa lagi??


Safe with CalmAV NOW!!