Ketahui Cara Menghindari Akun Facebook Diretas

Di era digital sekarang ini, siapa yg tidak tahu Facebook?

Facebook pada awalnya mulai didirikan pada tahun 2004, dengan nama Facebook.Inc. Pendiri dari Facebook, yaitu Mark Zuckerberg dan juga teman-temannya, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan juga Chris Hughes merupakan sekolompok mahasiswa yang berasal dari universitas Harvard, Amerika Serikat. Pada awalnya, penggunaan situs ini ditujukan untuk kepentingan penggunaan pada mahasiswa Harvard saja, yang kemudian meluas hingga Boston. Setelah itu, penggunaan situs ini pun meluas hingga ke seluruh sekolah di Amerika Serikat, Dan pada akhirnya dipergunakan secara meluas.

Pada tahun 2009, Facebook.com ditempatkan sebagai layanan jejaring sosial atau social network yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Ternyata, sebelum muncul nama Facebook, Mark Zuckerberg sebelumnya sudah menciptakan suatu situs bernama Facemash pada tahun 2003. Penggunaan dari facemash ini berdasarkan dari data-data wajah dari para mahasiswa Harvard, yang saat itu tidak memiliki buku wajah atau facebook.

Saat ini, penggunaan situs Facebook.com sebagai salah satu social network sudah digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, dan memang akan terus bertambah setiap harinya. Penggunanya pun bervariasi, mulai dari anak dibawah 10 tahun, hingga para lansia. Facebook, memang memiliki sejarah yang singkat, dan berhasil boomin dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini ternyata disebabkan oleh penggunaan facebook yan gsangat menyenangkan dan hingga saat ini masih memberikan banyak sekali manfaat bagi usernya.

Hal yg paling menakutkan saat menggunakan Facebook adalah ketika kita merasa lebih nyaman dgn kemajuan teknologi, sebenarnya akun facebook kita rentan terhadap peretasan.

Seperti yg kita ketahui, Facebook itu ibarat seperti biodata diri atau identitas diri , jadi di dalam akun facebook itu udah pasi semuanya berisi hal-hal pribadi kita, dgn itulah si peretas memanfaatkan akun hasil retasan nya utk melakukan tindakan kriminal, contohnya seperti meminta pinjaman uang sama teman2 di akun facebook , atau melakukan penipuan berupa online shop, dll.

Gimana kalau hal tsb terjadi dgn akun facebook kita?
Yg pastinya teman facebook kita yg uda menjadi korban si peretas pasti berpikiran kalau tindakan itu memang kita yg melakukan nya, uda pasti kita yg disalahkan, padahal tindakan itu dilakukan si peretas.

Gak perlu berpendidikan yg tinggi ttg coding atau menjadi peretas profesional dulu utk meretas akun facebook, karna meretas akun facebook itu cuma menggunakan trik-trik cerdik  utk mengalihkan kesadaran si calon korban.

Nah.. Disini ada beberapa metode yg digunakan para peretas utk mengambil alih akun facebook yg harus diketahui , agar bisa terhindar dari peretas.


Atur Ulang Kata Sandi

Salah satu cara mudah utk "meretas" Facebook seseorang adalah dgn mengatur ulang kata sandi. Ini bisa dilakukan ke orang-orang yang berteman dengan akun yg sudah diretas.

  • Langkah pertama adalah mendapatkan login email Facebook teman Anda. Jika Anda belum mengetahuinya, coba cari di halaman Facebook mereka di bagian Info Kontak. Masih macet? Peretas menggunakan alat pengikis seperti TheHarvester untuk menambang untuk alamat email.
  • Selanjutnya, klik Lupa kata sandi Anda? dan ketik email korban. Akun mereka harus muncul. Klik Ini akun saya .
  • Ini akan menanyakan apakah Anda ingin mengatur ulang kata sandi melalui email korban. Ini tidak membantu, jadi tekan Tidak lagi memiliki akses ke ini?
  • Sekarang akan bertanya Bagaimana kami dapat menghubungi Anda? Ketikkan email yang Anda miliki yang juga tidak ditautkan ke akun Facebook lainnya.
  • Sekarang akan mengajukan pertanyaan kepada Anda. Jika Anda berteman dekat dengan korban, itu hebat. Jika Anda tidak tahu terlalu banyak tentang mereka, buat tebakan berpendidikan. Jika Anda mengetahuinya, Anda dapat mengubah kata sandi. Sekarang Anda harus menunggu 24 jam untuk masuk ke akun mereka.
  • Jika Anda tidak mengetahui pertanyaannya, Anda dapat mengklik Pulihkan akun Anda dengan bantuan dari teman . Ini memungkinkan Anda untuk memilih antara tiga dan lima teman.

  • Ini akan mengirimi mereka kata sandi, yang mungkin Anda minta, dan kemudian ketik halaman berikutnya. Anda dapat membuat tiga hingga lima akun Facebook palsu dan menambahkan teman Anda (terutama jika mereka hanya menambahkan siapa saja), atau Anda dapat memilih tiga hingga lima teman dekat Anda yang bersedia memberi Anda kata sandi.

Cara Menghindarinya :

  • Gunakan alamat email khusus untuk Facebook Anda dan jangan letakkan alamat email itu di profil Anda.
  • Ketika memilih pertanyaan dan jawaban keamanan, buat itu sulit. Buat agar tidak ada yang bisa mengetahuinya dengan hanya melalui Facebook Anda. Tidak ada nama hewan peliharaan, tidak ada peringatan - bahkan bukan nama guru kelas tiga. Semudah membaca buku tahunan.
  • Pelajari tentang memulihkan akun Anda dari teman. Anda dapat memilih tiga teman yang ingin Anda kirimi kata sandi. Dengan begitu Anda dapat melindungi diri dari teman dan teman bersama lainnya yang bersekongkol untuk masuk ke akun Anda.

Phising

Metode ini jauh lebih sulit daripada yang lain, tetapi ini juga merupakan metode yang paling umum untuk meretas akun seseorang. Jenis phishing paling populer melibatkan pembuatan halaman login palsu . Halaman tersebut dapat dikirim melalui email ke korban Anda dan akan terlihat persis seperti halaman login Facebook. Jika korban masuk, informasi akan dikirimkan kepada Anda alih-alih ke Facebook. Proses ini sulit karena Anda harus membuat akun hosting web dan halaman masuk palsu.


Cara Menghindarinya :

  • Jangan mengklik tautan melalui email. Jika email memberi tahu Anda untuk masuk ke Facebook melalui tautan, berhati-hatilah. 
  • Phishing tidak hanya dilakukan melalui email. Ini bisa berupa tautan apa pun di situs web / ruang obrolan / pesan teks / dll. Bahkan iklan yang muncul dapat berbahaya. Jangan mengklik tautan yang tampak samar yang meminta informasi Anda.
  • Gunakan Anti-Virus & keamanan web, seperti Norton atau McAfee.

Software Keylogger

Keylogger adalah program yang dapat merekam setiap goresan pada keyboard yang dibuat pengguna, paling sering tanpa sepengetahuan mereka. Perangkat lunak harus diunduh secara manual di komputer korban. Ini akan secara otomatis mulai mengambil penekanan tombol segera setelah komputer dihidupkan dan tetap tidak terdeteksi di latar belakang. Perangkat lunak ini dapat diprogram untuk mengirimkan ringkasan semua penekanan tombol melalui email.

Cara Menghindarinya :

  • Gunakan firewall. Keyloggers biasanya mengirim informasi melalui internet, jadi firewall akan memantau aktivitas online komputer Anda dan mengendus segala sesuatu yang mencurigakan.
  • Install pengelola kata sandi. Keyloggers tidak dapat mencuri apa yang tidak Anda ketik. Pembuat kata sandi secara otomatis mengisi formulir penting tanpa harus mengetik apa pun.
  • Perbarui perangkat lunak Anda. Setelah perusahaan mengetahui adanya eksploitasi dalam perangkat lunak mereka, mereka mengerjakan pembaruan. Tetap di belakang dan Anda bisa rentan.
  • Ubah kata sandi. Jika Anda masih merasa tidak terlindungi, Anda dapat mengubah kata sandi dua mingguan. Ini mungkin tampak drastis, tetapi menjadikan informasi apa pun yang dicuri peretas tidak berguna.

Safe Your Privacy 😁👍