Mengenal Iklan Native Adsense (In-Feed, In-Article, Matched Content)

Google memperkenalkan format baru iklan Google Adsense, yaitu Adsense Native Ads. Menurut pernyataan dari Google Adsense, rangkaian format iklan terbaru tersebut dirancang agar sesuai dengan tampilan dan nuansa sebuah website atau blog yang pada akhirnya akan memberikan user experience yang lebih baik bagi pengunjung blog Anda.

Dengan diluncurkannya Google Adsense Native Ads menunjukkan bahwa Google ingin memperbaiki kelemahan utama dalam iklan mobile. Format iklan terbaru ini diperkenalkan di Indonesia pada awal Juli 2017, dimana tim Google Adsense Indonesia mengadakan webinar untuk memperkenalkan format iklan native ini kepada publisher mereka di Indonesia.

Adsense Native Ads masuk dalam tiga kategori, diantaranya:

  • In-feed.
  • In-article.
  • Matched content.

Ketiga jenis iklan ini bisa digunakan secara bersamaan atau bisa berdiri sendiri.

Format iklan itu dirancang untuk:


  • Meningkatkan user experience di blog Anda: tampil secara alami di situs Anda dan menggunakan elemen pengiklan berkualitas tinggi, seperti gambar resolusi tinggi, judul dan deskripsi yang lebih panjang, yang akan meningkatkan pengalaman yang lebih menarik bagi pengunjung sebuah website.
  • Tampilan dan nuansa yang lebih baik di berbagai ukuran layar: iklan dibuat agar terlihat menarik di ponsel, desktop, dan tablet.
  • Kemudahan penggunaan: alat pengeditan yang mudah digunakan membantu Anda membuat iklan terlihat lebih baik di situs Anda.
  • Native In-feed Membuka Peluang Pendapatan Baru dari Feed Blog

Native In-Feed


Format iklan Google Adsense ini tersedia untuk semua penayang, slot iklan In-feed akan muncul dengan rapi di dalam feed (umpan) di blog Anda, misalnya di daftar artikel atau produk di situs Anda. Iklan ini sangat mudah diatur agar sesuai dengan tampilan dan nuansa konten pada bagian feed (umpan) website Anda.

Native In-Article




Format iklan native in-article tersedia untuk semua publisher. Seperti namanya, native in-article akan tampil di dalam halaman konten artikel di website Anda. Dioptimalkan oleh Google untuk membantu Anda memasang iklan yang akan terlihat lebih baik di antara paragraf halaman konten Anda.

Matched Content



Matched Content hanya tersedia untuk penerbit yang memenuhi kriteria kelayakan. Matched Content adalah alat rekomendasi konten yang membantu mempromosikan konten Anda kepada pengunjung dan berpotensi meningkatkan pendapatan, tampilan halaman, dan waktu di dalam sebuah situs.
Publisher yang memenuhi syarat untuk fitur “Allow Ads” juga dapat menampilkan iklan yang relevan di dalam unit Matched Content, sehingga menghasilkan peluang pendapatan tambahan di dari fitur ini.