Penjelasan Bom Klik (Click Fraud) & Cara Melaporkan Bom Klik ke Pihak Adsense


Apa itu Bom Klik Iklan?

Publisher Google AdSense mungkin tidak asing dengan istilah bom klik, invalid click atau klik tidak sah. Bom klik iklan AdSense merupakan suatu tindakan tidak benar dan sangat murugikan publisher AdSense. Bom klik iklan AdSense sangat berdampak dan menjadi kekhawatiran para publisher akan keamanan akun Google AdSense.

Kegiatan dan tindakan bom klik iklan AdSense dengan secara sangaja merupakan tindakan buruk yang dapat merugikan publisher (pemilik blog), tujuan bom klik umumnya untuk menghancurkan dan menghilangkan iklan AdSense pada blog tersebut. Bom klik dilakukan dengan cara meng-klik iklan di blog secara berulang-ulang pada satu komputer yang memiliki satu IP address.

Kenapa Bom Klik Bisa Terjadi?

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya bom klik & invalid click pada iklan AdSense, diantaranya yaitu :

1. Tidak suka dengan blog publisher

Terjadinya bom klik karena mereka yang tidak menyukai blog sobat.

2. Terganggu dengan iklan yg ada di blog publisher

Yg kedua , karena pemasangan iklan yang berlebihan hingga pada iklan melayang yang menutupi konten (artikel) merupakan faktor yang sering menjadi terjadinya bom klik iklan. Bom klik (Click Fraud) ini bisa saja disengaja atau tidak disengaja (iseng).

3. Tidak tahu yg mana iklan dan yg mana konten

Dan yang terakhir adalah karena pengunjung blog tidak mengetahui tentang iklan AdSense, hal ini diperuburuk dengan blog yang memiliki iklan sangat banyak. Pengunjung seperti ini akan susah membedakan mana konten dan mana iklan sehingga melakukan klik sembarang dan menjadi bom klik, invalid click, atau klik iklan tidak sah. Biasanya bom klik (click fraud) ini terjadi karena ketidaksengajaan / kesalahpahaman / ketidaktahuan.


Cara Melaporkan Bom Klik ke Google AdSense

1. Langkah pertama silahkan login terlebih dahulu ke akun Google AdSense kalian.

2. Kemudian masuk ke halaman Formulir Kontak Klik Tidak Valid.

3. Selanjutnya isi formulir sesuai dengan yang dibutuhkan :

  • Nama, silahkan isi dengan nama kalian di akun Google AdSense.
  • Alamat Email, silahkan isi dengan email Google AdSense kalian.
  • ID Penayangan, silahkan isi dengan ID Publisher Google AdSense kalian, untuk melihatnya silahkan login dahulu ke akun Google AdSense kemudian lihat link URL yang ada angkanya pada akun kalian https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-123456789/main/accountInformation.
  • URL lokasi tampilan kode iklan, silahkan masukan URL blog kalian.
  • Topik, silahkan pilih salah satu topik permasalahan yang kalian alami, jika bingung silahkan pilih Melaporkan aktivitas yang tidak biasa pada account saya.
  • Tanggal dan Waktu aktivitas klik, silahkan masukan sesuai tanggal dan waktu kalian mendapat bom klik.
  • Paragraf yang menjelaskan alasan tentang aktivitas klik yang menurut Anda tidak sah, isi dengan alasan kalian mengenai invalid klik yang kalian dapatkan, usahakan gunakan bahasa Inggris.
  • Harap sertakan data apa pun dari log atau laporan lalu lintas situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda yang menunjukkan alamat IP, perujuk, atau permintaan mencurigakan yang dapat menjelaskan terjadinya aktivitas tidak valid. Silahkan isi kolom ini dengan data yang kalian miliki di blog kalian seperti laporan lalu lintas blog kalian.

4. Setelah mengisi formulir, silahkan klik KIRIM.

5. Selanjutnya klik di blog akan sedikit demi sedikit menurun.

Semoga artikel yg receh ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi pembaca. Terima Kasih! 😊

4.5