2 Cara Membuat Iklan In-Feed Adsense Responsif Di Blog

Iklan In-Feed - Di postingan sebelumnya, saya sudah pernah menjelaskan tentang Iklan In-Feed Adsense , yg dimana Iklan In-Feed Adsense adalah format iklan native yg biasanya ditempatkan di dalam feed daftar artikel, berita atau listingan atau bisa juga seperti daftar produk, layanan, dsb. Yg berarti iklan harus sesuai dengan tampilan dan nuansa konten, tujuannya untuk membantu memonetisasi blog atau situs web dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung.

Maka kali ini, saya akan membagikan tutorial tentang 2 Cara Membuat Iklan In-Feed Adsense Responsif Di Blog , agar publisher bisa menerapkannya di blog atau situs webnya masing-masing.

Ada 2 cara untuk membuat unit Iklan In-Feed, dan cara paling cepat dan mudah adalah dengan membiarkan google memindai halaman blog dan iklan in-feed akan secara otomatis terbuat dengan sendirinya. Atau bisa juga dengan cara manual yaitu dengan menempatkan kode iklan in-feednya di HTML blog atau situs web.

Baca Juga

2 Cara Membuat Iklan In-Feed Adsense Responsif Di Blog


Tapi sebelum itu, login terlebih dahulu ke akun AdSense , di dashboard adsense klik Iklan >> Ringkasan >> Menurut Unit Iklan , selanjutnya klik Iklan Dalam Feed


1. Otomatis (Biarkan Google Menyarankan Gaya)


  • Masukkan URL halaman blog atau situs web yg berisi feed.
  • Di tahap ini, pilih versi "Seluler" atau "Desktop" untuk blog atau situs web.
  • Selanjutnya google akan menentukan gaya Iklan dalam feed berdasarkan feed blog atau situs web anda. Kalau blog atau situs web memiliki feed versi seluler dan desktop, sebaiknya buat Iklan dalam feed yg terpisah untuk masing-masing versinya.
  • Langkah berikutnya, Klik Pindai Halaman. Ditahap ini pratinjau iklan akan terbuka, yaitu screenshot blog atau situs web dengan feed yg ditandai dan bisa ditentukan sendiri tampilan iklan dalam feednya. Lihat gambar di bawah ini!


Kalau ingin mencoba memindai halaman lainnya yg berisi feed, tinggal masukkan URL halamannya, pilih "Seluler" atau "Desktop", selanjutnya klik Pindai Ulang

  • Kalau tampilan nya sudah sesuai dengan pilihan, maka selanjutnya klik Berikutnya , dan jangan lupa untuk memberikan nama unit iklan in-feednya tersebut. (Mungkin bisa menambahkan "Native" di nama unit iklan in-feed tersebut agar gampang melacak performanya).
  • Terakhir, klik Simpan >> Dapatkan Kode

2. Manual (Memilih Tata Letak & Tampilan Iklan In-Feed)


  • Di dashboard adsense, klik Iklan >> Ringkasan >> Menurut Unit Iklan >> Iklan Dalam Feed
  • Selanjutnya, klik Buat Gaya Iklan Secara Manual
  • Akan ada 4 pilihan yg tampilannya bisa disesuaikan dengan feed halaman blog atau situs web.


Setelah memilih salah satu gaya tampilan iklan nya, maka selanjutnya tetapkan value-value nya agar tampilan iklan nya nanti bisa responsif di halaman blog atau situs web.

Iklan In-feed termasuk iklan yg responsif, karna iklan tersebut menyesuaikan ukurannya secara otomatis sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk menampilkan iklan. Lebar iklan In-feed selalu sama dengan lebar penampung feed tempat iklan berada. (Defaultnya lebar minimum untuk iklan In-feed adalah 250 piksel, dan tinggi iklan In-feed disesuaikan secara otomatis oleh AdSense untuk memastikan semua elemen iklan sesuai dengan ruang yg tersedia).

Baca Juga


Lalu, gimana caranya agar iklan In-feed yg diinginkan muncul seperti apa yg diharapkan?
Yaitu dengan memahami pengaruh perilaku responsif iklan In-feed terhadap setelan iklan In-feed.

(*) Padding


Padding yg ditetapkan di sekitar bagian atas, bagian bawah, atau sisi iklan akan tetap sama di semua ukuran layar.

(*) Ukuran Gambar


Kalau ukuran gambar ditentukan dalam persentase, maka ukuran gambar akan berubah di layar dengan ukuran berbeda. Tapi, kalau menentukan ukuran gambar dalam piksel (px) , maka ukuran gambar akan tetap sama di semua ukuran layar.

(*) Ukuran Font


Selanjutnya, untuk Ukuran font yg ditetapkan akan tetap sama di semua ukuran layar.

(*) Penataan Teks


Kalau ingin teks pada iklan muncul di sekitar gambar ketika ukuran layar berubah, maka dapat mengaktifkan setelan Rapikan teks.

Setelah tampilannya sudah sesuai yg diinginkan, jangan lupa untuk memberi nama unit iklan in-feednya, disarankan untuk menambahkan "Native" di nama unit iklan in-feed tersebut agar mudah untuk melacak performanya.
Langkah terakhir, klik Simpan 

Gimana?
Mudah bukan 2 Cara Membuat Iklan In-Feed Adsense Responsif Di Blog tadi?
Selanjutnya, kode iklan in-feed yg sudah didapatkan bisa anda tempatkan dimana di halaman blog atau situs web.


0 comments:

Posting Komentar

Katakan Unek-unek mu